Selamat Datang di Web Log Kotaku Korkot 3 Kota Bima, Kami harapkan Kritik dan Saran yang Membangun untuk Kemajuan Bersama

Saturday, April 6, 2019

Komunitas Belajar Internal Konsultan (KBIK) Program Kotaku Kota Bima


KBIK adalah media pengembangan kapasitas bagi para pelaku konsultan yang tidak bisa diperoleh melalui kegiatan pelatihan atau media lainnya. KBIK merupakan forum pembelajaran yang dilaksanakan oleh konsultan baik ditingkat OSP, Korkot/Askorkot maupun hingga ke tingkat Fasilitator.

Komponen pengembangan kapasitas (Capacity Building) merupakan salah satu pilar dalam program pemberdayaan, karena program pemberdayaan meyakini bahwa pembelajaran merupakan inti dari sebuah proses. Selama ini ada ungkapan yang tidak baik terjadi sebelumnya, bahwa KBIK hanya menjadi rapat koordinasi, hanya membahas dan menagih progres lapang serta hanya untuk menggugurkan kewajiban.
Menepis ungkapan tersebut maka Tim OSP-5 NTB dan Korkot/Askot/Tim Faskel Kota Bima berkomitment untuk melaksanakan KBIK sesuai koridor dan output yang diharapkan.


Sehubungan dengan rencana pencairan dan pemanfaatan dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun Anggaran 2019, maka diperlukan kegiatan peningkatan kapasitas secara intensif ditingkat Kota/Kabupaten dan Kelurahan/Desa,
Berdasarkan hal itu, maka Korkot Program Kotaku Kota Bima melaksanakan kegiatan KBIK pada hari ini, sabtu (06 April 2019) bertempat di Aula Bappeda Kota Bima yang di hadiri langsung oleh TA Infra dan Subprof HRM OSP-5 NTB.




Dalam kegiatan KBIK kali ini materi yang di bahas adalah hal-hal sebagai berikut diantaranya :

1). POS penyelenggaraan Imfrastruktur, 
2). Desain Penataan Kawasan Lingkungan permukiman dan Siteplan, 
3). Mekanisme pencairan dan pemamfaatan BPM 2019, 
4). Dokumem perenvamaan Teknis dan proposal Renvana kerja KSM
5). Permen PUPR no.28/PRT/M/2016 tentang Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bidang Umum, 
6). Pengendalian pelaksanaan Infrastruktur,
7). Persiapan pelaksanaan pelatihan KSM pelaksana pembangunam dan pelatihan BKM/UPL

Selain Pembahasan materi-materi tetsebut, melalui KBIK ini diharapkan menjadi ajang Refleksi, motivasi untuk membangun integritas pendampingan, Penggalian ide-ide baru yang inspiratif dalam rangka memperkuat peran konsultan dalam pendampingan serta Peningkatan kapasitas pelaku.

Apresiasi dan ucapan terimakasih yang mendalam kepada Korkot, Askot, Tim Faskel, Subprof HRM dan TA infra serta semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan KBIK ini, semoga materi dan pembahasannya dapat bermamgaat untuk masyarakat Kota Bima dalam usaha pencegahan kekumuhan dan peningkatan kualitas permukiman perkotaan.
( by Akhmad Rumnatandi, Program Monitoring Specialist KOTAKU OSP-5 NTB)
#KotakuNasional
#OSP5NTB
#KotakuKotaBima
#ProgramMonitoringSpecialist

No comments:

Post a Comment